Langsung ke konten utama

Peranan Media Sosial Untuk Usaha Kecil

Peranan Media Sosial Untuk Usaha Kecil

Peranan Media Sosial Untuk Usaha Kecil - Media sosial telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita sehari-hari. Bisnis dari semua ukuran dan bentuk sudah mulai memanfaatkan media yang tersedia. Hari ini kami akan mencoba membuat kiat tentang media sosial untuk bisnis kecil. Ada sejumlah besar usaha kecil yang mencari media sosial untuk mempromosikan bisnis / layanan mereka. Namun, sebagian besar usaha kecil ini gagal atau tidak mampu memanfaatkan media sosial secara optimal untuk pertumbuhan bisnis mereka. Ada banyak teori dan strategi tentang cara menggunakan media sosial secara efektif untuk merek-merek mapan, tetapi topik media sosial untuk bisnis kecil jarang dibahas. Menurut negara Digital eMarketing India 2017 Octane Research:

60% usaha kecil mempromosikan bisnis mereka di media sosial. 50% fokus pada SEO dan 35% menggunakan saluran pemasaran multichannel.
70% usaha kecil menganggap strategi konten sebagai kegiatan pemasaran utama mereka.
52% pemilik bisnis menggunakan media sosial untuk menangani keterlibatan pelanggan secara efisien.
Lebih dari 20% pemilik bisnis mengatakan bahwa mereka menghasilkan 50% plus keuntungan menggunakan media sosial.

Alasan utama rendahnya tingkat partisipasi adalah ketidakpastian pada aplikasi media sosial, penghitungan pengembalian investasi dan membujuk karyawan / pemangku kepentingan untuk meraih media sosial. Oleh karena itu, penting untuk menyapa gajah di dalam ruangan dan menganalisis seberapa bermanfaat media sosial untuk usaha kecil.

Media sosial untuk bisnis kecil adalah cara yang bagus untuk bisnis yang sedang berkembang untuk menghasilkan prospek dan membangun reputasi. Jika diperbarui secara berkala, media sosial dapat memberikan hasil lebih banyak dibandingkan dengan media tradisional. Media sosial untuk usaha kecil memberi merek kontrol atas konten yang ingin mereka posting. Juga, karena media sosial adalah proses dialog dua arah, ini membantu bisnis untuk secara instan mengidentifikasi apa yang menguntungkan mereka. Media sosial untuk bisnis kecil juga membantu menghasilkan Word of Mouth, yang merupakan salah satu alat terbaik untuk bisnis yang sedang berkembang.

Media Sosial untuk usaha kecil | 10 Tips untuk menggunakan Media Sosial secara efektif

Tentukan Target Pemirsa Anda 
Bagian penting pertama dan terpenting yang harus difokuskan oleh bisnis kecil adalah untuk menetapkan target audiens mereka. Ini membantu usaha kecil untuk menyesuaikan strategi media sosial mereka. Target audiens harus didefinisikan berdasarkan kelompok usia, jenis kelamin, lokasi, perilaku online pengguna, kesukaan, minat, dan preferensi mereka. Untuk produk khusus, pemilik bisnis bahkan dapat menargetkan pengguna berdasarkan tanggal ulang tahun, hari jadi, dan tonggak penting mereka. Penargetan audiens memainkan peran yang sangat penting dalam hasil dari hasil. Misalnya: toko lokal yang menjual alas kaki tidak boleh menargetkan pengguna yang memiliki minat pada hiburan. Toko pasti tidak akan mendapatkan hasil yang diinginkan.

Tetapkan tujuan yang dapat dicapai 
Kesuksesan semalam adalah mitos. Usaha kecil harus memahami fakta dasar ini. Secara umum, ketika sebuah bisnis baru mulai berjualan di media sosial, ada kegembiraan teraba yang mencapai lebih dari penjualan yang ditargetkan. Bisnis perlu menetapkan tujuan yang maju dan maju. Untuk mencapai tujuan luar biasa, usaha kecil mulai memperbarui umpan sosial dengan banyak pembaruan dalam durasi yang lebih singkat. Ini menyebabkan ketertarikan pengguna pada produk / layanan. Sasaran yang ditetapkan harus selaras dengan kapabilitas dan keahlian inti merek. Misalnya: jika sebuah bisnis ingin menjual sepatu, mereka seharusnya tidak menetapkan tujuan untuk memperbaiki sepatu maksimum di daerah mereka.

Pilih media yang tepat 
Sekarang semua orang tahu, media sosial gratis. Bahkan kampanye berbayar dapat dilakukan dengan biaya yang relatif rendah dibandingkan dengan media tradisional. Dalam skenario ini, kita sering melihat usaha kecil melompati kereta musik dan membuat profil di semua platform yang tersedia. Menciptakan profil sosial tidak menghambat citra merek, tetapi mempromosikan merek secara agresif pada platform yang salah dapat menyebabkan merek kehilangan pelanggan potensial. Oleh karena itu disarankan bagi UKM untuk terlebih dahulu mengidentifikasi platform yang tepat di mana mereka dapat memaksimalkan bisnis mereka. Misalnya: Jika merek penjual sepatu mencoba menjual secara agresif di LinkedIn, mereka tidak akan mendapatkan respons yang masuk akal dibandingkan dengan promosi di Facebook / Instagram.

Promosikan produk / layanan inti Anda 
Karena masing-masing dan setiap bisnis berada dalam gelombang media sosial, penting bagi mereka untuk mempromosikan produk / layanan inti mereka. Saat ini, kami melihat banyak bisnis mempromosikan layanan mereka serta mempromosikan produk / layanan periferal, yang berputar di sekitar produk / layanan inti mereka. Sebagian besar waktu, UKM ini tidak memiliki kemampuan untuk memenuhi persyaratan, yang dapat mengarah pada kata buruk dari mulut ke mulut untuk bisnis mereka di platform media sosial. Mari kita kembali ke contoh kita; jika penjual sepatu mencoba mempromosikan kaus kaki secara agresif, bukan sepatu, itu tidak akan menguntungkan bisnis dalam jangka panjang.

Buat konten yang berkualitas 
Sekarang kita telah membahas topik-topik tentang mengidentifikasi audiens target, menetapkan tujuan yang dapat dicapai, memilih media yang tepat dan mempromosikan produk / layanan yang tepat, mari kita sekarang melihat jenis konten yang harus dipromosikan suatu bisnis di halaman sosial mereka. Bisnis harus selalu fokus pada pembuatan konten berkualitas baik daripada konten kuantitas tidak baik. Bahkan jika bisnis memperbarui halaman mereka sekali sehari selama itu relevan dengan bisnis mereka, para pendukung tentang produk-produk intinya mengirimkan pesan yang jelas itu dianggap sebagai konten berkualitas baik. Secara antagonis, jika suatu bisnis memposting beberapa pembaruan yang bahkan tidak relevan dengan produk dan layanan bisnis membuat pengguna menganggap bisnis itu palsu / spam. Juga,

Membuat kalender konten 
Membuat bisnis kecil sukses di platform sosial bukanlah tugas kecil. Dibutuhkan banyak upaya bagi bisnis untuk mempertahankan rasio konversi mereka. Salah satu upaya tersebut adalah membuat kalender konten. Usaha kecil harus mengantisipasi peristiwa penting dan membuat kalender konten yang sesuai. Idealnya, kalender konten harus direncanakan sebulan sebelumnya tetapi kalender konten mingguan bahkan sangat dianjurkan. Ini membantu bisnis untuk menghindari kerepotan di menit-menit terakhir, menyusun strategi jauh lebih efektif dan juga membantu menciptakan rasa ingin tahu di antara para penggemar / pelanggan setianya.

Tes dan uji ulang 
Media sosial sangat tidak terduga. Konten yang diposkan bisnis hari ini, mungkin tidak berfungsi untuk besok. Karenanya, usaha kecil harus selalu menguji konten mereka sebelum menerbitkannya di halaman mereka. Menguji konten juga berlaku untuk platform yang dipilih oleh usaha kecil untuk dipromosikan. Pemilik usaha kecil harus selalu mengenakan topi konsumen sebelum memposting tentang fitur produk, pembaruan, skema atau penawaran. Perspektif konsumen adalah kunci ketika menguji konten yang harus diunggah.

Mencari inspirasi 
Bisnis kecil harus selalu mencari inspirasi dari pesaing yang berhasil dalam kategori yang sama. Menyalin paste ide atau konten pesaing bukanlah jawabannya. Usaha kecil harus mencari jenis konten yang dibuat oleh pesaing dan kemudian mendapatkan strategi mereka sendiri. Konten / cerita yang menginspirasi selalu membuat bisnis berusaha untuk membuat konten mereka sendiri yang dihargai oleh semua orang. Ini membantu dalam meningkatkan pertimbangan merek, visibilitas merek sehingga meningkatkan konversi untuk bisnis.

Hitung ROI (Return on Investment)
Bahkan anggaran promosi yang kecil tidak dapat dibenarkan jika tidak ada mekanisme untuk menghitung laba atas investasi. Ini lebih penting dalam kasus bisnis kecil. Sangat penting bagi usaha kecil untuk mengawasi anggaran yang dialokasikan untuk promosi apa pun dan ROI berikutnya yang terkait dengannya. Jika promosi tertentu tidak berjalan dengan baik atau bisnis tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, penjaga merek selalu dapat mencari platform lain untuk menghasilkan konversi yang berkualitas.

Analisis dan Strategi Ulang 
Ada beberapa kasus di mana kampanye / promosi tertentu mungkin tidak berhasil untuk bisnis. Itu tidak berarti bahwa promosi itu salah atau produk / layanannya tidak bagus. Melakukan analisis kampanye sama pentingnya dengan menetapkan tujuan. Ini membantu bisnis untuk merumuskan strategi mereka yang akan datang dengan cara yang lebih efektif. Di akhir setiap kampanye, merek harus mencatat pembelajaran dari kampanye itu dan mengidentifikasi apakah konten / ide itu dihargai oleh penggemar mereka atau tidak. Ini membantu bisnis untuk melewati pembaruan yang tidak berkinerja dari komunikasi di masa depan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menumbuhkan Bisnis Kecil, Tapi Tangguh

Cara Menumbuhkan Bisnis Kecil, Tapi Tangguh - Usaha kecil, terutama mereka yang mencari pertumbuhan organik gagal lebih sering daripada yang mereka pikirkan. Tingkat keberhasilan yang cukup rendah, startup dan usaha kecil membutuhkan strategi yang sangat mudah untuk berhasil dalam jangka panjang. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan pemilik usaha kecil untuk membawa bisnisnya ke tingkat selanjutnya. Sementara di satu sisi, menetapkan tujuan, merencanakan ke arah itu dan mengatur tugas sangat penting, tetap menggunakan teknologi terbaru juga sama pentingnya di sisi lain. Tren terbaru yang diikuti oleh usaha kecil adalah merangkul teknologi cloud. Teknologi pembukuan telah berubah tajam, bergerak dari metode tradisional ke akuntansi di cloud. QuickBooks Cloud: Cara Baru Mengelola Keuangan QuickBooks Cloud adalah perangkat lunak pembukuan yang melayani pengguna dengan semua alat akuntansi yang diperlukan pada satu platform. Ini tidak hanya membuat pembukuan dan pembukuan